May 20, 2017

Wonder Fall

0


REVIEW WONDER FALL

Judul: Wonder Fall
Penulis: Elektra Queen
Penerbit: Twigora
Cetakan: I, Juli 2016
Tebal: 328 halaman
ISBN: 978-602-70362-6-0

Blurb:

SHE SAID...
Amelie Rashad memilih untuk menggigit lidahnya kuat-kuat ketimbang mengakui kalau debaran hebat jantungnya disebabkan oleh Zach Barata. Dia lebih suka melihat Zach sebagai atasan galak dan perfeksionis ketimbang sosok hangat yang juga begitu mudah akrab dengan putri semata wayangnya.

HE SAID...
Hanya tinggal menunggu waktu saja hingga Amelie menyusup dalam ruang pribadi, menggedor keras-keras pintu hatinya. Alih-alih menyerah, sikap menentang perempuan itu membuat Zach bertambah penasaran. Ketika mengetahui status orangtua tunggal Amelie, ketertarikan itu kemudian menyublim menjadi rasa hormat.

IS IT LOVE?
Percik-percik perasaan di antara mereka kedua nyata adanya dan tak satu pun mampu menyangkalnya. Namun, ketika Zach siap untuk membuka hatinya, dia malah mendapati perhatian perempuan itu terbelah karena rencana perjodohan dengan kembaran mendiang suaminya. Sudikah Zach bersaing dengan laki-laki yang mengingatkan Amelie pada sosok dari masa lalunya? Atau, sebaiknya dia membiarkan saja hubungan mereka kembali seperti semula, selayaknya atasan dengan asistennya?

 Review:

Status janda membuat hidup Amelie Rashad tak lagi mudah. Sering kali muncul selentingan gosip mengenai dirinya, meski interaksinya dengan lawan jenis tergolong biasa saja. Sebagai perempuan dewasa, Amelie tak bisa membendung pikiran negatif orang-orang mengenai dirinya. Ia pun mencoba menjadi ibu yang baik demi putri semata wayangnya Elsa dan berusaha melupakan prahara dengan suaminya yang meninggal karena kecelakaan.

Kesabaran Amelie teruji saat Jonas, bosnya di kantor memintanya menjadi asisten Zach Barata. Zach terkenal sebagai pribadi yang ketus, sinis, dan tanpa ampun. Dengan sifat yang buruk tersebut, sudah beberapa kali Zach memberhentikan asistennya. Melihat reputasi Zach, tentu membuat Amelie was-was. Apalagi Zach bukan tipe laki-laki yang mau berkompromi. Untunglah ketika mereka bersitegang untuk pertama kali, Amelie berani menyuarakan pendapatnya mengenai cara Zach berkomunikasi. Zach pun mau menuruti keinginan Amelie untuk lebih bisa meredam nada sinis pada kata-katanya.

Hubungan Amelie dan Zach tak lagi kaku dan mulai mencair saat Lionel, keponakan Zach datang ke kantor. Lionel terlihat menyukai Amelie. Amelie yang tahu Lionel kehilangan kedua orang tuanya akibat kecelakaan, merasa kasihan pada Lionel. Lionel mengingatkannya pada Elsa yang juga kehilangan sang ayah. Tanpa bisa dicegah, Amelie pun jadi menyayangi Lionel. Bahkan saat Lionel keracunan makanan, Amelie mau menunggui anak itu di rumah sakit, meski Zach tak memintanya sama sekali.

Hidup Amelie makin rumit saat mertuanya yang suka ikut campur ingin agar Amelie menikah dengan Otto, saudara kembar suaminya yang selama ini hidup di luar negeri. Sikap Amelie yang kurang tegas seperti dimanfaatkan mertuanya itu. Amelie pun jadi bimbang. Di satu sisi, ia tak memiliki perasaan apa pun pada Otto. Kedekatan putrinya Elsa dan Zach pun menjadi pertimbangan tersendiri. Ia tak mungkin bersama Otto yang tidak disukai putrinya. Terlebih selalu ada sensasi aneh tiap ia berdekatan dengan Zach, meski Amelie belum yakin apa yang dirasakannya tersebut.

Pada akhirnya, Amelie harus memilih. Amelie belajar bahwa ia tak bisa selalu menyenangkan semua pihak. Meski itu berarti ada pihak yang kecewa, tapi ia tahu itu yang terbaik bagi dirinya dan putrinya Elsa.

***

Tak bisa dipungkiri, status janda sedikit berkonotasi negatif bagi sebagian orang. Hal ini bisa dilihat dari olok-olok yang biasa didengar, seperti, 'Dasar janda kegatelan' yang kerap ditujukan pada janda. Amelie sebagai tokoh utama novel ini pun berpikiran serupa:

"Suka atau tidak, sebagian masyarakat kita masih beranggapan kalau janda itu adalah status nyaris hina yang dianggap sebagai ancaman. Yang orang tahu, para janda cenderung suka mengganggu laki-laki lain, baik yang masih sendiri atau sudah punya pasangan. Kesepian adalah alasan utama yang dipercayai." (hal. 107)

Meski tak semua orang melihat status janda sebagai sesuatu yang negatif, tapi Amelie seakan menerima mentah-mentah opini tersebut. Itulah sebabnya ia begitu berhati-hati dalam bersikap karena tak ingin ada orang yang menggunjingkannya. Untunglah keluarga Amelie dan Zach terus mengingatkan Amelie kalau ia harus mulai mengubah pola pikirnya, karena tak ada yang salah dengan statusnya. Amelie tetap wanita yang berkepribadian baik, pekerja keras, dan pencinta anak-anak. Menurutku pribadi, inilah yang ingin ditekankan penulis. Bahwa siapa pun yang berstatus janda harus lebih menghargai dirinya sendiri dan tak usah peduli dengan omongan orang lain.

Dalam kehidupan berumah tangga, pasti ada saja masalah. Dalam novel Wonder Fall, masalah Amelie yang paling krusial berhubungan dengan mertuanya yang suka ikut campur dan kebiasaan buruk mendiang suaminya yang berbuntut panjang, bahkan setelah suaminya tiada. Aku salut dengan sikap Amelie yang begitu dewasa dalam menyikapi masalah yang menimpanya. Mungkin awalnya Amelie cenderung sungkan dan terlalu memikirkan orang lain, tapi pada akhirnya situasi mendewasakannya bahwa kebahagiaannya tak boleh didikte orang lain.

Sebagai novel bergenre romance, banyak sekali adegan dalam novel ini yang membuatku tersenyum. Interaksi Amelie dan Zach—baik di dalam dan di luar kantor—sanggup menumbuhkan chemistry yang kuat di antara keduanya. Terlebih kehadiran Elsa dan Lionel seakan menguatkan ikatan antara Amelie dan Zach, yang mana keduanya begitu menyayangi anak-anak.

Seperti yang diketahui, Wonder Fall adalah juara pertama kompetisi menulis yang diselenggarakan Twigora dengan tema Sweet and Spicy Romance 2015. Tentu para juri punya pertimbangan sendiri saat memutuskan Wonder Fall menjadi juara pertama. Saat menamatkan novel ini, aku sedikit paham kenapa Wonder Fall merebut perhatian juri. Pemilihan tema dan konflik dalam Wonder Fall sangat apik dan menarik untuk diikuti. Dengan semua kelebihan tersebut, Wonder Fall layak mendapat tempat di hati pembaca, karena novel ini tak hanya menyajikan roman antara dua insan, tapi juga sekelumit kisah seorang janda beserta keluarga dan orang-orang di sekitarnya.

0 comments:

Post a Comment