Jan 22, 2018

Dark Matter

0


REVIEW DARK MATTER

Judul: Dark Matter
Penulis: Blake Crouch
Penerbit: Nourabooks
Cetakan: I, April 2017
Tebal: 476 halaman
ISBN: 978-602-385-185-0

Blurb:

Apa kau bahagia dengan hidupmu? Pernahkah kau bertanya-tanya bagaimana jika seandainya kau mengambil pilihan yang berbeda?

Suatu malam—tanpa firasat apa pun—Jason Dessen diculik dan sesuatu disuntikkan ke tubuhnya. Dia mendapati dirinya terbangun di dunia yang berbeda. Di sana istrinya bukanlah istrinya dan anaknya tak pernah terlahir sama sekali. Di sana dia bukanlah dosen fisika biasa, melainkan genius terkenal yang telah melakukan hal-hal istimewa. Di sana segalanya tampak sama, sekaligus berbeda. Ke mana kehidupannya yang lama? Bagaimana caranya agar dia bisa kembali?

Hanya itulah yang Jason inginkan: kembali ke keluarga yang dicintainya, tempat dia merasa bahagia. Namun, perjalanan menuju ke sana demikian berliku dan menakutkan, melebihi imajinasi terliarnya sekalipun.

Review:

Meski karirnya tak begitu memuaskan, Jason Dassen memiliki keluarga yang sempurna. Istrinya Daniela dan anaknya Charlie merupakan hal terbaik yang pernah dia miliki. Namun, setelah tragedi penculikan yang dialaminya, Jason terlempar ke dunia asing. Saat terbangun, dia dikelilingi orang-orang yang tak dia kenal. Yang lebih parah, mereka seolah menunggu penjelasan Jason akan sesuatu yang tak dia pahami.

Jason yang bingung, berusaha melarikan diri. Betapa kagetnya dia saat mencoba menghubungi Daniela, nomornya tersambung ke orang yang berbeda. Dia pun mendapati kenyataan kalau dirinya bahkan tak punya anak dan istri. Jason makin tak mengerti. Dia merasa ada sosok tak kasat mata yang merenggut kehidupannya dan melemparnya ke dunia yang salah.

Sementara itu, Leighton yang terus menuntut penjelasan dari Jason, akhirnya menguak siapa Jason yang sebenarnya. Rupanya Jason adalah seorang jenius terkenal yang melakukan penelitian tentang Interpretasi Banyak-Dunia atau biasa disebut dengan dunia paralel.

Interpretasi Banyak-Dunia sangat mungkin terjadi dalam cabang ilmu mekanika kuantum. Hanya saja hal ini sangat mustahil untuk diobservasi dan diwujudkan. Namun, karena kejeniusan Jason, dia berhasil melakukan percobaan tersebut. Terbukti dengan kembalinya Jason setelah dia mencoba alat buatannya. Juga kenyataan bahwa dirinya dalam versi lain lah yang membuatnya berada di tempat ini.

Petualangan Jason untuk mencari dunia di mana keluarganya berada pun dimulai. Bersama Amanda, Jason pergi dari satu dunia ke dunia lain. Ternyata tak semudah itu menemukan dunianya yang lama. Saat menemukannya, Jason harus mendapati kenyataan dia harus melawan Jason-Jason dari dunia lain demi bisa berkumpul dengan keluarganya lagi.

***

Buku dengan tema dunia paralel selalu menarik untuk dibaca. Pada dasarnya, susah membuktikan keberadaan dunia semacam ini. Namun, dalam kisah Dark Matter, menjelajah dunia paralel sangat mungkin dilakukan. Novel berbalut sains ini menjabarkan bagaimana itu bisa terjadi melalui percobaan yang dilakukan Jason Dassen.

Di dunianya, Jason cuma seorang dosen. Sebelum menikah, Jason tengah melakukan penelitian tentang dunia paralel. Namun, pertemuannya dengan Daniela mengubah segalanya. Dia pun berhenti melakukan penelitian itu dan menikahi Daniela. Siapa sangka dari pilihan tersebut, terbangunlah dunia di mana Jason sukses dengan penelitiannya sampai bisa menjelajah dunia paralel. Pilihan yang tak diambil di masa lalu Jason lah yang menjadi pencetusnya.

Menakutkan ketika kau memikirkan bahwa setiap hal yang kita pikirkan, semua pilihan yang bisa kita buat, akan bercabang ke dunia yang baru. Setelah pertandingan bisbol hari ini, kita pergi ke Navy Pier, lalu makan malam, kan? Tapi itu hanyalah satu versi dari apa yang terjadi. Dalam realitas berbeda, alih-alih ke dermaga, kita pergi menonton simfoni. Di realitas lainnya, kita tinggal di rumah. Dalam dunia lain, kita mengalami kecelakaan fatal di Lokeshore Drive dan tidak berhasil bertahan hidup. (hal. 154)

Penculikan yang dialami Jason membuatnya terlempar ke dunia asing. Lucunya, yang menculiknya adalah dirinya sendiri dalam versi dunia lain. Kehidupan Jason lain ini tak begitu menyenangkan, jadi dia ingin menggantikan keberadaan Jason di dunianya yang bahagia bersama keluarganya.

Kebingungan Jason di dunia asing membuatnya mencari Daniela. Rupanya Daniela telah sukses menjadi seniman terkenal, berbanding terbalik dengan istrinya. Daniela juga mengaku telah berpisah dengan Jason. Semua kenyataan ini makin tak masuk akal. Akhirnya, Jason menceritakan apa yang terjadi pada Daniela. Jason pun mulai menelaah segalanya dan tak memungkiri tentang keberadaan dunia lain setelah apa yang dia alami. 

Kita semua hidup hari demi hari tanpa benar-benar mengetahui fakta kalau kita adalah bagian dari realitas yang lebih besar dan lebih aneh daripada semua yang kita bayangkan. (hal. 133)

Butuh perjuangan yang berat bagi Jason untuk bertemu keluarganya lagi. Dunia-dunia yang dia temui nyaris merenggut nyawanya dan Amanda. Akhirnya, setelah berpisah dengan Amanda, Jason dapat menemukan dunia lamanya. Hanya saja, sudah ada Jason lain yang menempati posisinya.

Di sinilah pertarungan Jason dimulai. Lawan Jason bukan orang lain, tapi dirinya sendiri yang jumlahnya nyaris ribuan. Jason-Jason ini sama-sama ingin menempati posisi kehidupan Jason. Meski tampak absurd, tapi penggambaran adegannya begitu nyata. Jason pun harus memeras akal untuk mengelabui Jason-Jason lain agar tak ada yang bisa memprediksi tindakannya.

Penulis mengakhiri novel ini dengan dramatis di mana putra Jason yang menentukan dunia yang akan mereka diami selanjutnya. Jason berpikir tak penting dunia apa yang dia tinggali. Yang terpenting adalah dia bersama keluarganya lagi.

Novel ini mengajari banyak hal. Kadang kala kita jarang menghargai apa yang kita miliki. Namun, dari apa yang dialami Jason, tak ada yang lebih dirindukan selain hidup dan realitas yang kita jalani sehari-hari. Karena itu, sepantasnya kita hidup dengan mengambil risiko dan tak menyesali semua yang terjadi. Bagaimana pun, berandai-andai atas pilihan yang tak diambil tak selalu berakhir memuaskan, karena kita tak pernah tahu ada orang-orang yang ingin berada di posisi kita.

Rate: 4/5 bintang

0 comments:

Post a Comment